Setiap pembukaan tahun ajaran baru untuk setiap sekolah akan melakukan penerimaan siswa baru. Setelah berhasil diterima di sekolah yang menjadi tujuan tempat belajar maka calon siswa harus melewati beberapa proses. Diantaranya harus mengikuti kegiatan yang namanya masa orentasi dan kedisiplinan siswa. Jadi, sebenarnya MOKS itu dilakukan untuk apa sih?
Apa itu Masa orentasi dan kedisiplinan siswa?. Masa Orientasi dan Kedisiplinan Siswa atau disingkat MOKS merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di Sekolah guna menyambut kedatangan siswa baru. Masa orientasi siswa biasanya mulai dari tingkat SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Namun akhir ini beberapa tingkat sekolah Dasarpun melakukan MOKS. MOKS sebagai sarana untuk mengenalkan almamater pada siswa barunya dan juga merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan sekolah beserta seluruh komponen sekolah, norma,budaya, dan tata tertib. MOKS juga bermanfaat membangun ketahanan mental, meningkatkan disiplin, mempererat tali persaudaraan serta mengarahkan siswa untuk memilih ekstrakulikuler yang sesuai dengan bakat dan minat. Hal lain yang perlu diketahui adalah asal mula MOKS. Masa Orentasi siswa muncul sejak Jaman Kolonial, tepatnya di STOVIA atau Sekolah Pendidikan Dokter Hindia (1898-1927). Dan berlanjut pada masa Geneeskundinge Hooge School (GHS) atau Sekolah Tinggi Kedokteran (1927-1942) (STOVIA dan GHS sekarang menjadi FKUI Salemba. Istilah yang digunakan pada saat itu adalah ontgroening atau “membuat tidak hijau lagi”, jadi proses ini dimaksudkan untuk mendewasakan si anak baru itu.Apa tujuan diadakan MOKS?. Tujuan dilaksanakan MOKS ibarat seorang ibu yang sedang mengandung, dia perlu mempersiapkan kelahiran anaknya dengan sebaik-baiknya. Begitu juga dengan sebuah sekolah yang akan menyambut kedatangan siswa baru, supaya siswa baru itu bisa masuk sekolah dengan gembira, optimis, tahu tentang apa yang harus dilakukan, tahu dan mau menjalankan proses belajar. Singkatnya siswa memiliki orientasi yang jelas tentang sekolah yang ia pilih. Masa Orientasi dan Kedisiplinan Siswa menjadi sarana untuk mencapai tujuan tersebut.

Bagaimana bentuk MOKS yang harapkan?. Hendaknya MOKS benar-benar menjadi masa membentuk karakter individu yang terintegrasi sejalan dengan visi dan misi sekolah. Masa orentasi sebagai masa dimana siswa di bimbing dan diarah untuk berbuat dan bertangung jawab terhadap Tuhan, diri sendiri, sekolah, orangtua dan Negara. Ini bisa dilakukan mulai dengan latihan dan penanaman sikap disiplin terhadap diri, mengenali potensi dan kelamahan yang dimiliki, melatih kepekaan agama dan sosial. Pengenalan tata tertib sekolah untuk memberi gambaran yang jelas terhadap apa yang bisa dilakukan dan dikembangkan dan apa yang mestinya dihindari. Penjelasan tentang kurikulum sekolah juga harus dilakukan, agar siswa dapat mengetahui pelajaran apa yang akan diperoleh dan dipelajari. Siswa dilatih untuk selalu menggunakan bahasa yang positif. Untuk memotivasi siswa dan menanamkan rasa kecintaan dan kebanggaan terhadap sekolah yang telah dipilihnya, bisa dilakukan dengan memaparkan prestasi yang pernah dicapai oleh sekolah,mendatangkan kakak kelas/alumni yang berprestasi baik di bidang akademik ataupun non akademik, untuk membagi pengalaman mereka, sehingga mendorong mereka untuk berprestasi di masa depan.
Diharapkan masa orentasi siswa sebagai masa yang menyenangkan dan mendidik bukan sebagai kegiatan yang meninggalkan luka batin dan berujung pada balas dendam pada masa orentasi pada tahun berikutnya.

Sumber : berbagai sumber
0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

©2019 SMA PRESIDEN (Boarding School) - Sekolah Model Terakreditasi A                                                                                                          Developed by DbAse StudioTM

Log in with your credentials

Forgot your details?